Fakta Paru-Paru Manusia Yang Jarang Dibahas Dan Diketahui

Fakta Organ Paru-Paru
Jakarta, Faktanesia.com – Halo Faktanesians, diantara kalian ada yang tidak tau paru-paru? pastinya semua dari kalian tau mengenai organ tubuh satu ini. Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang dimiliki oleh manusia. Peran besar dimiliki oleh organ tubuh satu ini, tentu fungsi utamanya adalah sebagai sistem pernafasan bagi manusia.

Para-paru bekerja sepeti sebuah mesin canggih yang mengelola udara yang terhidup masuk dari mulut dan hidung saat bernafas. Cara kerjanya adalah paru-paru akan memisahkan antara oksigen dan karbon dioksida. Organ paru-paru manusia berada di antara jantung dan beberapa pembuluh darah besar.

Selain itu, organ ini juga dilindungi oleh tulang rusuk kita, fungsinya yang begitu krusial untuk kehidupan manusia. Tentu kita sebagai orang yang perduli harus sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dari organ paru-paru. Berikut ini https://faktanesia.com/ mau memberikan beberapa fakta menarik seputar paru-paru manusia yang mungkin saja belum pernah kalian ketahui sebelumnya.

Fakta Paru-Paru

Fakta Paru-Paru

  • Berbeda Ukuran

Mungkin banyak dari kita sudah mengetahui bahwa paru-paru memiliki dua bagian. Namun tahukah kalian bahwa kedua bagian paru-paru tersebut ternyata memiliki ukuran yang tidak sama besarnya. Paru-paru kiri pada orang dewasa memiliki bobot sekitar 325-550gram. Sedangkan untuk paru-paru sebelah kanan memiliki bobot 375-600gram.

Tempat wisata yang baik untuk paru-paru : https://viewsumatera.com/

Sebenarnya tidak bisa dipastikan dengan tepat berat dari paru-paru seseorang karena masing-masing memiliki bobot tersendiri. Namun yang jelas paru-paru bagian kiri akan memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada bagian kanan.

Organ paru-paru juga memiliki bagian lainnya biasa disebut sebagai lobus. Pada paru-paru bagian kiri terdapat lobus, sedangkan pada bagian kanan terdapat 3 lobus maka dari itu membuatnya memiliki bobot yang sedikit lebih berat.

  • Bisa Mengapung

Fakta menarik dari paru-paru berikutnya adalah organ vital ini mampu untuk mengapung di atas air. Pada bagian paru-paru baik kanan maupun kiri mengandung sekitar 300 juta Alveoli. Alveoli adalah sel-sel yang mirip dengan balon, Alveoli ini juga berfungsi menggantikan karbon dioksida yang terdapat pada darah menjadi oksigen.

Bandara dengan kualitas udara terbaik : https://www.airportminicabs.com/

Lebih jelasnya Alveoli bisa dikatakan sebagai kantung udara kecil yang memenuhi seluruh paru-paru. Pada kantung-kantung inilah pertukaran karbon dioksida menjadi oksigen terjadi.

  • Tidak Mengembang Saat Lahir

Saat bayi dilahirkan banyak organ tubuhnya yang belum langsung bekerja saat itu juga. Termasuk salah satunya adalah paru-paru, saat baru pertama dilahirkan organ paru-paru pada janin bayi tidak langsung mengembang. Hal ini bisa terjadi karena pada paru-parunya masih terdapat cairan didalamnya.

Makanan sehat untuk pernafasan : https://kulineranmedan.com/

Cairan tersebut akan perlahan keluar saat bayi melewati jalur lahirnya, dan saat keluar dan mengalami perubahan suhu dan lingkungan. Barulah paru-paru tersebut mulai berfungsi senormalnya.

  • Tahan Nafas Hingga 20 Menit

Seberapa lama kalian bisa menahan nafas kalian? 30 detik? 1 menit? sebenarnya manusia bisa menahan nafas lebih lama dari itu. Penyebab utama kenapa seseorang tidak kuat menahan nafas terlalu lama, adalah karena banyaknya karbon dioksida yang menumpuk di dalam paru-paru.

Game seru untuk dimainkan : https://mlbbinfo.com/

Jika melihat perenang atau penyelam bebas bisa menahan nafas mereka hingga waktu yang cukup lama. Itu bisa terjadi karena mereka mempelajari teknik bernafas yang berbeda. Salah satu teknik pernafasan yang paling sering digunakan adalah teknik Hiperventilasi. Teknik ini akan mengurangi karbon dioksida di dalam darah ketika sedang berada di dalam air.

Sekian informasi singkat mengenai fakta menarik dari paru-paru yang sepertinya banyak yang belum kalian ketahui, Nantikan ulasan informasitif lainnya seputar fakta-fakta menarik hanya di Faktanesia.com.

Ponsel pintar untuk memantau kesehatan : https://mlbbinfo.com/