Fakta Kulit Manusia Yang Menarik Untuk Dibahas

Halo Faktanesians, kembali lagi di laman website yang memberikan informasi seputar fakta-fakta menarik dari berbagai hal yang ada di dunia ini. Pada kesempatan kali ini Faktanesia.com akan membahas seputar fakta-fakta menarik dari kulit manusia.

Kulit manusia merupakan salah satu bagian dari organ tubuh yang dimiliki oleh manusia. Organ kulit memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia. Bisa dikatakan kulit merupakan tameng pertahanan bagi manusia karena berada pada bagian terluar tubuh.

Sementara itu kulit manusia juga memiliki serangkaian fungsi penting yang sering sekali tidak disadari oleh manusia. Mulai dari menjaga tubuh dari berbagai benda asing dan juga menjaga kestabilan suhu tubuh. Maka dari itu kulit menjadi bagian yang sangat penting untuk manusia.

Fakta Kulit Manusia

Fakta Kulit Manusia

Kulit manusia mempunyai sejumlah fakta yang menarik untuk kita bahas dan ketahui, Diantaranya adalah.

1. Organ Terbesar

Fakta menarik pertama dari kulit manusia adalah sebagai organ terbesar yang ada di tubuh manusia. Dikatakan seperti itu karena kulit menutupi seluruh bagian tubuh manusia dan dari fakta tersebutlah kulit menyumbang sekitar 16% dari keseluruhan masa tubuh. Kulit manusia diperkirakan memiliki berat rata-rata 3.5 – 10 kilogram dan ukuran sekitar 1.5 – 2 meter.

2. Pelindung Utama Tubuh

Letaknya yang berada di paling luar tubuh manusia menjadikan kulit sebagai pelindung utama seluruh organ yang berada di dalam tubuh manusia. Selain mencegah masuknya benda asing ke dalam tubuh, kulit juga berperan melindungi manusia dari mikroorganisme yang berbahaya.

3. Menjaga Kestabilan Suhu Tubuh

Fakta menarik dari kulit manusia yang berikutnya adalah kulit merupakan orang yang memiliki banyak saraf sensorik yang berfungsi dengan mengirimkan sinyal langsung ke otak saat bagian terluar kulit mendapatkan rangsangan . Misalnya saja pada saat kulit kita terpapar cuaca atau suhu yang panas. Kulit akan mengirim sinyal ke otak dan akan direspon dengan rangsangan tubuh dengan mengeluarkan cairan keringat dari melalui kulit.

Atau pada saat kulit mendapatkan paparan suhu dingin, kulit akan mengirim sinyal ke otak dan direspon dengan pergerakan otot yang berkontraksi dengan lebih cepat agar meningkatkan suhu tubuh.

Rekomendasi buah sehat untuk kulit : buahtopia.com

4. Organ Yang Rentan

Memiliki peran krusial dan posisinya yang berada paling luar pada tubuh manusia. Membuat kulit sangat mudah terpapar oleh aneka zat berbahaya yang mampu merusak kulit. Ditambah dengan kalian yang jarang merawat kulit kalian, maka dampak yang ditimbulkan akan cukup parah dan mengganggu kesehatan tubuh kalian.

Salah satu contoh penyakit atau kuman yang menjangkit kulit adalah jerawat. Jerawat merupakan salah satu penyakit gangguan pada kulit yang paling umum dan sering terjadi dan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Bahkan pada beberapa kasus terparah, jerawat mampu membuat bekas luka bruntusan yang sangat sulit untuk disembuhkan.

5. Struktur Berlapis-Lapis

Kulit manusia merupakan organ yang sangat unik. Selain ukurannya yang besar dan fungsinya yang sangat banyak. Struktur kulit manusia juga menarik, karena terdiri dari lapisan-lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing. Struktur lapisan kulit yang terluar adalah epidermis, lapisan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai benda asing dari luar. Kemudian lapisan dermis, yang terdiri dari pembuluh darah, folikel rambut, serabut kolagen, dan kelenjar minyak.

Lapisan terakhir adalah lapisan subkutis, yaitu lapisan lemak pada tubuh, yang meliputi kelenjar keringat dan jaringan lainnya. Lapisan ini lah yang berperan penting menjaga suhu tubuh manusia.

Sekian informasi singkat seputar fakta menarik dari kulit manusia yang memiliki sangat banyak manfaat dan juga fakta yang luar biasa. Nantikan informasi seputar fakta menarik lainnya hanya di Faktanesia.com.