Fakta Menarik Seputar Hidung Manusia

Fakta Hidung Manusia

Fakta Hidung – Hidung Merupakan salah satu indra pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra penciuman yang sangat penting bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Selain itu alat pernafasan utama dari manusia juga lewat dari indra satu ini. Hidung memiliki susunan struktur jaringan yang cukup kompleks. Hidung tidak hanya berfungsi untuk penciuman dan bernafas saja. Namun hidung juga akan menyaring berbagai kotoran dari udara yang kamu hirup. Menggunakan bulu hidung yang sangat banyak dan terdiri dari bulu kasar dan bulu halus.

Selain sebagai pelengkap untuk wajah pada setiap manusia. Hidung juga memiliki beberapa fungsi dan fakta menarik lainnya. Pada kesempatan kali ini Faktanesia sudah mengumpulkan berbagai infomasi fakta unik dan menarik seputar hidung manusia yang kami yakin beberapa diantaranya tidak kalian ketahui.

Apa sajakah fakta seputar hidung manusia tersebut? Simak artikel di bawah ini.

1. Terdapat 14 Jenis Hidung Berbeda

Fakta Hidung yang pertama kita bahas yaitu terdapat 14 jenis hidung yang berbeda di dunia ini. Yups, fakta tersebut cukup unik dan menarik. Informasi tersebut datang berdasarkan hasil dari survei yang dilakukan oleh Journal Of Surgery Craniofacial. Lembaga yang mendalami kegiatan operasi bedah khususnya pada bagian wajah ini. Berhasil mengidentifikasi 14 bentuk hidung manusia, dengan bentuk yang berbeda-beda. Mulai dari yang kecil, tegak lurus, hingga mancung tajam dan ada pula yang menekuk ke bawah.

Namun, berdasarkan pendapat para ahli yang mungkin menangani operasi bedah plastik ataupun masalah hidung lainnya. Mengatakan bahwa variasi dari hidung mungkin bisa lebih dari 14 jika dilihat dari faktor struktur yang beragam.

Baca juga : Fakta Unik Mata Manusia Yang Jarang Diketahui

2. Hidung membentuk Suara Manusia

Suara manusia yang dihasilkan saat kita berbicara ataupun bernyanyi umumnya berasal dari getaran struktur tenggorokan dan hidung sehingga menghasilkan bunyi. Aliran udara yang kita hirup masuk ke paru-paru akan dikeluarkan kembali. Nah pada saat proses inilah udara yang dilepaskan melewati kerongkongan manusia dan melewati dua lipatan pita suara yang bergetar dan menghasilkan suara tersebut. Semakin kuat aliran udara yang dikeluarkan, semakin besar suara yang dihasilkan.

Mungkin kalian pernah mendengar suara yang berbeda saat teman kalian sedang mengalami flu atau batuk. Suara yang berbeda itu dihasilkan karena getaran pita suara yang tidak maksimal karena saluran udara yang berada di sekitar rongga hidung terhambat oleh lendir.

3. Hidung Adalah Organ Pembersih Udara

Seperti yang kita bahas pada pembuka artikel di atas. Fakta hidung yang berikutnya adalah hidung berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Udara yang kita hirup setiap harinya tentu bukan hanya mengandung oksigen saja. Namun banyak partikel lainnya dan cukup berbahaya seperti polusi, alergen, debu, hingga bakteri bisa ikut dalam udara yang kita hirup. Nah, hidung sebagai salah satu indra utama manusia. Memiliki fungsi yang sangat baik yaitu menyaring seluruh udara yang masuk lewat hidung.

Hidung memiliki struktur yang kompleks dengan banyak rambut halus yang terdapat didalamnya untuk menyaring berbagai kotoran yang dibawa oleh udara. Selain itu Hidung juga melembapkan udara kering yang kita hirup demi kelangsungan paru-paru dan tenggorokan. Tujuan udara dilembapkan adalah untuk menyamakan suhu udara yang masuk dengan suhu inti tubuh yang ada pada seseorang.

Tertarik membaca informasi kesehatan : Kesehatan tubuh

4. Penciuman Bisa Menentukan Rasa Makanan

Bau yang dihasilkan dari sebuah hidangan pasti akan menggugah selera kalian bukan? Ya, bau memang memegang peran kunci dalam rasa. Dari berdasarkan bau saja kalian bisa menentukan makanan apa yang disajikan. Bahkan beberapa test pernah dilakukan untuk membuktikan fakta hidung ini. Beberapa orang ditutup matanya dan hanya mengenali berbagai bahan masakan hanya dengan melalui penciuman hidung saja. Bagaimana hasilnya kebanyakan berhasil mengenali bahan yang dipakai pada test tersebut. Ini membuktikan bahwa hidung mempunyai peran penting dalam mengenal rasa sebelum masuk ke mulut kita dan di kecap oleh lidah.

Berikut adalah beberapa fakta hidung yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Hidung merupakan salah satu organ penting manusia yang harus dijaga dengan baik dan dibersihkan secara berkala. Untuk itu jaga dengan baik hidung kalian dan tidak mencoba untuk mencium berbagai bahan berbahaya yang bisa merusak fungsi hidung. Nantikan informasi fakta menarik lainnya dari berbagai penjuru dunia hanya di Faktanesia.com.